VAGINA PERIH DAN TERASA PANAS

Peradangan atau infeksi di vagina. Vaginitis ditandai dengan keputihan bertambah banyak, perubahan rona sekret vagina, berbau, iritasi atau gatal-gatal, nyeri atau perih saat buang air mungil atau berhubungan, dan  flek serta perdarahan ringan.

 

Baca juga

"CARA MENGENAL GEJALA SIPILIS DENGAN MUDAH DAN CEPAT"

"PENGERTIAN PENYAKIT SIPILIS"

"DIAGNOSIS PADA PENDERITA SIPILIS LANSIA"

 

 

Vaginitis tidak hanya disebabkan infeksi menular seksual. Banyak hal yg bisa mengakibatkan vaginitis, diantaranya:

 

Ketidakseimbangan tumbuhan/bakteri normal vagina.

Normalnya di dinding vagina terdapat bakteri serta jamur pada jumlah mungil yang tidak mengakibatkan tanda-tanda/infeksi. Tetapi pada syarat yg mengakibatkan perubahan pada vagina, misalnya penggunaan cairan pembersih vagina yg mempunyai kandungan antibakteri, bakteri normal ini akan berkembang biak secara hiperbola dan  menyebabkan infeksi. Salah  satu penyakit ini artinya Vaginosis bakterialis.

Infeksi menular seksual, seperti gonore, trikomoniasis, atau klamidia.

Iritasi akibat bahan-bahan kimia, misalnya sabun pembersih area kewanitaan.

Menyemprotkan air buat membersihkan bagian pada vagina, dapat beresiko menyebabkan infeksi.

 

Atrofi vagina atau penipisan dinding vagina akibat kekurangan estrogen, umumnya saat mendekati masa menopause.

 

Disarankan agar Anda memeriksakan diri kedokter buat menentukan diagnosis penyebab keluhan Anda dan  penanganan yg sinkron menggunakan penyebab. Dokter mungkin akan menanyakan gejala-tanda-tanda yg dialami, riwayat kesehatan, dan  melakukan investigasi vagina. Investigasi sekret/cairan vagina dilabolatorium mungkin diperlukan buat memilih penyebab. Selesainya kemungkinan penyebab dipastikan, dokter akan memberikan terapi yg sinkron. Antibiotik buat infeksi  bakteri serta parasit, antijamur buat infeksi jamur. Bila dicurigai penyebab oleh karena infeksi menular seksual, maka terapi pada pasangan jua wajib  diberikan beserta-sama. Obat buat infeksi vagina yaitu antibiotik atau antijamur wajib  diberikan menggunakan resep dokter. Yg bisa Anda lakukan dirumah buat mencegah infeksi dan  membantu proses penyembuhan:

 

Menjaga supaya vagina dan  area sekitarnya tetap higienis serta kemarau. Hindari penggunaan sabun pembersih yang mengandung pengharum atau dapat membunuh kuman/antiseptik. Keringkan area sekitar vagina setelah dibersihkan.

 

Hindari berendam air hangat selama infeksi.

 

Jangan membersihkan bagian dalam vagina.

 

Gunakan kompres air dingin buat mengurangi ketidaknyamanan di vagina.

Pakai celana pada berbahan yg menyerap keringan dan  tidak terlalu ketat.

 

 

 

Vaginosis bakterialis ialah keliru satu problem kewanitaan yg terjadi akibat terganggunya keseimbangan bakteri pada pada vagina. Gejala primer vaginosis bakterialis merupakan keputihan menggunakan tekstur encer serta berwarna kelabu atau putih. Kadang-kadang keputihan tadi mengeluarkan bau sangat amis, terutama sesudah penderita melakukan korelasi seksual menggunakan pasangannya. Selain itu, vaginosis bakterialis pula mampu mengakibatkan vagina terasa gatal serta nyeri, serta perih saat buang air mungil. Tetapi ketiga tanda-tanda tersebut termasuk tidak umum  buat dialami.

 

Vaginosis bakterialis mampu dialami sang wanita pada segala usia, meski sebagian akbar kasus ini terjadi di mereka yg masih dalam masa subur.

 

Vaginosis bakterialis 

 

Penyebab Vaginosis Bakterialis

Bakteri yang terdapat di dalam vagina didominasi sang bakteri lactobacillus, yaitu lebih kurang 95 %. Ini adalah bakteri baik karena membantu membatasi pertumbuhan bakteri-bakteri jahat (keliru satunya bakteri anaerob) di pada vagina menggunakan cara menjaga keasaman organ tersebut. Namun pada perkara vaginosis bakterialis, jumlah bakteri lactobacillus menjadi lebih sedikit dibandingkan eksistensi bakteri lain.

Meskipun sampai sekarang para ahli belum mengetahui penyebab pasti terjadinya ketidakseimbangan pertumbuhan bakteri, sejumlah faktor diduga bisa menaikkan risiko wanita terkena vaginosis bakterialis, di antaranya:

 

memakai kontrasepsi spiral atau intrauterine device (IUD).

Melakukan douching atau teknik pencucian vagina dengan cara disemprot.

Merokok.

Tidak memakai kondom serta tak jarang bergonta-ganti pasangan seksual.

Diagnosis Vaginosis Bakterialis

Bila Anda ialah seorang perempuan   serta mengalami keputihan secara tidak normal, misalnya berbau tidak sedap, bertekstur encer, dan  berwarna kelabu, maka segera temui dokter buat dilakukan pemeriksaan.

Selain melalui informasi tentang tanda-tanda yg dirasakan pasien dan  gaya hidupnya, dokter juga bisa melakukan penaksiran vaginosis bakterialis secara lebih saksama   melalui mekanisme usap (swab) vagina. Melalui metode ini, sampel keputihan akan diambil untuk selanjutnya diteliti di laboratorium guna memastikan apakah terdapat ketidakseimbangan bakteri di pada vagina serta buat mengukur tingkat keasamannya.

 

Sebenarnya bukan hanya vaginosis bakterialis yang perlu dikhawatirkan bila mengalami keputihan tidak normal sebab gejala ini mampu pula adalah pertanda dari syarat-kondisi lain, seperti gonore atau penyakit kencing nanah serta penyakit trikomoniasis atau infeksi seksual menular akibat parasit Trichomonas vaginalis. Sang sebab itu investigasi dokter perlu segera dilakukan.

 

Pengobatan Vaginosis Bakterialis

karena vaginosis bakterialis ditimbulkan sang bakteri, maka pengobatannya mampu dilakukan menggunakan antibiotik, contohnya antibiotik metronidazole. Metronidazole tidak hanya tersedia dalam bentuk tablet, namun jua pada bentuk salep yg diperuntukkan bagi perempuan   yg sedang menyusui menggunakan mengingat bahwa imbas penggunaan metrodinazole tablet dapat berdampak pada ASI.

Krusial buat selalu mematuhi petunjuk penggunaan obat ini asal dokter atau berasal petunjuk takaran yang ada pada kemasan produk supaya pengobatan dapat berjalan efektif. Pengobatan menggunakan antibiotik pada biasanya berlangsung pada jangka panjang buat mencegah vaginosis bakterialis muncul balik .

 

Di sebagian orang, penggunaan metronidazole dapat menimbulkan pengaruh samping, seperti:

 

Rasa logam pada mulut

Mual

Hilang nafsu makan

Muntah

agar terhindar berasal imbas samping yg lebih parah, jangan mengonsumsi bir selama menjalani pengobatan menggunakan metronidazole. Selain itu, mintalah dokter meresepkan antibiotik alternatif Bila metronidazole mengakibatkan impak samping yg cukup Mengganggu, contohnya Anda menjadi muntah-muntah atau mengalami reaksi alergi. Antibiotik cara lain  yang umumnya diresepkan untuk penanganan vaginosis bakterialis merupakan salep clindamycin.

Selama menjalani pengobatan vaginosis bakterialis, Anda pula disarankan buat tidak melakukan hal-hal yang bisa menggagalkan pemulihan, misalnya membersihkan bagian pada vagina dengan sabun, baik sabun kecantikan maupun antiseptik, atau membersihkan vagina menggunakan cara disemprot (douching).

 

Jika vaginitis dipicu sang penggunaan kontrasepsi spiral atau intrauterine device (IUD), maka akan disarankan beralih kepada bentuk kontrasepsi lain.

 

Komplikasi Vaginosis Bakterialis

Vaginosis bakterialis bukan termasuk ke dalam penyakit serius serta mudah diobati, namun permanen jangan dianggap sepele sebab kondisi ini berpotensi menyebabkan komplikasi apabila diabaikan (meskipun risiko tadi mungil). Beberapa komplikasi yang mampu saja terjadi pada perkara vaginosis bakterialis adalah infeksi menular seksual, penyakit radang panggul, serta kelahiran prematur pada ibu hamil.

Karena itu, bila Anda sedang hamil dan  mengalami tanda-tanda vaginitis, contohnya keputihan tidak normal, segera temui dokter menjadi upaya pencegahan.

 

Pencegahan Vaginosis Bakterialis

Anda bisa meminimalkan risiko terkena vaginosis bakterialis dengan melakukan hal-hal yang dapat Mengganggu keseimbangan bakteri di pada vagina, contohnya:

Jangan memakai deodoran spesifik buat vagina.

Jangan membersihkan bagian dalam vagina dengan cara menyemprot (douching), menggunakan sabun kecantikan, atau menggunakan pembersih berbahan antiseptik.

Jangan mencuci celana dalam dengan menggunakan sabun cuci menggunakan kandungan kimia yang keras.

 

 

Sumber : Tokoobatsipilis.com

Alodokter

Write a comment

Comments: 1
  • #1

    seks telefon (Wednesday, 18 January 2017 06:38)

    pozarządzawszy