CARA MUDAH MENGENALI PENYAKIT SIPILIS DAN GONORE KENCING NANAH

PENYAKIT SIPILIS

Penyakit sipili 

 

Disebabkan oleh bakteri treponema pallidum.Bakteri yang bersifat motil dan dapat bertahan hidup sangat lama tanpa pengobatan.

 

Penyakit sipilis juga disebut dengan penyakit raja singa.Penyakit ini  dapat berakibat kebutaan,kelumpuhan bahkan kematian.

 

GEJALA PENYAKIT SIPILIS RAJA SINGA

 

Penderita sipilis dengan mudah menularkan penyakit ini karena banyak dari antara mereka yang hanya mengalami gejala-gejala ringan sehingga tidak sadar bahwa mereka telah terinfeksi. Gejala sipilis berkembang sesuai dengan tahapan sipilis yang dialami.

 

Gejala Pada Sipilis Primer

 

Sipilis primer umumnya diperoleh dari kontak seksual secara langsung dengan orang yang terinfeksi ke orang lain.Sekitar 3 sampai 90 hari setelah awal kedapatan (rata-rata 21 hari) luka di kulit dinamakan chancre, tampak pada saat kontak. Lesi ini biasanya (40 % dari waktu) tunggal, kokoh, tanpa rasa sakit, pemborokan kulit tanpa rasa gatal dengan dasar yang bersih serta berbatasan tajam antara ukuran 0,3 dan 3,0 cm. Walau bagaimanapun luka bisa dikeluarkan hampir dalam bentuk apapun.Pada bentuk yang umum, luka baerkembang dari macule ke papule dan akhirnya ke erosion atau ulcer.

 

Kadang-kadang, lesi ganda mungkin muncul (~40%). Lesi ganda lebih umum ketika koinfeksi dengan HIV. Lesi mungkin nyeri atau perih (30%), dan bisa terjadi di luar kelamin (2–7%). Letak paling umum pada wanita adalah di cervix (44%), penis laki-laki heteroseksual (99%), dan anal serta rektal umumnya secara relatif (laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki) (34%). Pelebaran nodus limfa;(80%) sering kali terjadi di sekitar daerah infeksi, terjadi selama 10 hari setelah pembentukan tukak. Lesi dapat bertahan selama tiga hingga enam minggu tanpa pengobatan.

 

Gejala yang paling umum pada sipilis primer adalah munculnya luka atau tukak. Luka ini muncul 10-90 hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Luka ini sering diacuhkan penderita sipilis karena tidak menimbulkan rasa sakit. Luka ini berkembang pada bagian tubuh di mana bakteri pertama masuk seperti pada penis, vagina, atau sekitar anus. Luka ini bisa juga muncul di mulut atau bibir, amandel, atau jari.

 

Pemulihan luka ini memakan waktu sekitar 3-6 minggu. Pada kebanyakan orang, hanya muncul satu luka, tapi ada juga yang mengalami lebih dari satu luka.Sipilis akan beralih ke tahap kedua jika tidak ditangani sejak awal.

 

Gejala Pada Sipilis Sekunder

 

Sipilis sekunder seringnya terjadi empat sampai sepuluh minggu setelah infeksi primer. Sementara penyakit sekunder dapat dikenal dalam berbagai cara secara nyata, gejala-gejala paling umum berkaitan dengan kulit, selaput lendir, dan nodus limfa. Di sana mungkin terdapat kesamaan, kemerah-merahan-pink, ruam yang tidak gatal pada batang dan ekstrim, termasuk pada telapak tangan dan soles. Ruam bisa menjadi makulopapular atau pustular. Itu bisa berbentuk datar, lebar, keputih-putihan, lesi mirip kutil dikenal sebagai kondiloma latum pada selaput lendir.

 

Beberapa minggu setelah luka menghilang, gejala sipilis sekunder akan muncul ruam yang bisa muncul di bagian tubuh mana pun, terutama pada telapak tangan dan kaki. Gejala lainnya adalah kutil kelamin.  Pada wanita, kutil bisa muncul di sekitar vagina. Sedangkan kutil di sekitar anus bisa dialami pria dan wanita.

 

Semua dari endapan bakteri lesi terinfeksi. Gejala lain termasuk demam, sakit tenggorokan, malaise, berat badan turun, rambut rontok, dan sakit kepala. Jenis penyakit lainnya yang jarang terjadi termasuk hepatitis, ginjal penyakit, radang sendi, periostitis , optik neuritis, uveitis, dan interstitial keratitis.

 

Gejala akut biasanya diatasi setelah tiga hingga enam minggu; namun sekitar 25% orang bisa kambuh gejala sekunder. Banyak orang yang mengalami sipilis sekunder (40-85% dari wanita, 20-65% dari laki-laki) tidak melaporkan mengalami chancre dari sipilis primer sebelumnya.

 

Gejala yang mirip seperti penyakit flu juga bisa muncul. Penderita akan mengalami rasa lelah, sakit kepala, nyeri pada persendian, serta demam.

 

Selain itu penurunan berat badan dan kerontokan rambut bisa terjadi. Kelenjar limfa juga mengalami pembengkakan. Gejala-gejala ini akan berlangsung selama beberapa minggu dan bisa muncul dan menghilang secara berulang kali di bulan-bulan yang akan datang.

 

Jika sipilis sekunder tidak ditangani dengan tepat, infeksi akan berlanjut ke tahap berikutnya.

 

Gejala Pada Sipilis Laten

 

Pada tahapan ini, bakteri tetap ada tapi sipilis tidak menimbulkan gejala apa pun. Selama 12 bulan pertama tahapan sipilis laten, infeksi masih bisa ditularkan. Setelah dua tahun pada tahap ini, infeksi masih ada di dalam tubuh, tapi tidak bisa ditularkan kepada orang lain lagi. Tahapan ini bisa berlangsung bertahun-tahun.

 

Sipilis laten didefinisikan seperti mengalami bukti serologis dari infeksi tanpa gejala-gejala dari penyakit. Penyakit ini dijelaskan lebih lanjut sebagai lebih awal (kurang dari 1 tahun setelah sipilis sekunder) atau akhir (lebih dari 1 tahun setelah sipilis sekunder) di Amerika serikat. Amerika serikat memanfaakkan memotong dari dua tahun dini dan akhir sipilis laten. Awal sipilis laten bisa mempunyai gejala- gejala kambuh. Akhir sipilis laten adalah asimptomatik, dan tidak menular seperti awal sipilis laten.Jika tidak ditangani dengan benar, sipilis laten bisa berubah menjadi sipilis tersier yaitu tahap sipilis yang paling berbahaya.

 

Gejala Pada Sipilis Tersier

 

Sipilis tersier bisa terjadi kira-kira 3 hingga 15 tahun setelah infeksi awal, dan bisa dibagi kedalam tiga bentuk berbeda; sipilis gummatous (15%), akhir neurosipilis (6.5%),dan kardiovaskular sipilis (10%). Tanpa pengobatan, ketiga dari orang yang terinfeksi berkembang ke penyakit tersier. Orang dengan sipilis tersier adalah bukan penular. Sekitar 30 persen dari para penderita sipilis yang tidak diobati akan mengalami tahapan ini. Gejala sipilis tersier dimulai bertahun-tahun setelah infeksi pertama menulari tubuh. Bagian tubuh di mana bakteri sipilis pertama masuk memengaruhi gejala yang dialami.

 

Sipilis gummatous atau sipilis akhir benign biasanya terjadi 1 hingga 46 tahun setelah infeksi awal, dengan rata-rata 15 tahun. Fase ini ditandai oleh pembentukan gumma kronik, yang lembut,mirip peradangan bola tumor yang bisa bermacam-macam dan sangat signifikan bentuknya gumma umumnya mempengaruhi kulit, tulang, dan liver, tetapi bisa terjadi dimanapun.

 

Neurosipilis merujuk pada infeksi yang melibatkan sistem saraf pusat yang bisa terjadi dini, menjadi tak bergajala atau dalam bentuk dari meningitis sipilistik yang berhubungan dengan keseimbangan yang lemah dan nyeri kilat pada ekstrimitas lebih rendah. Akhir neurosipilis umumnya terjadi 4 hingga 25 tahun setelah infeksi awal. Siflis meningovaskular umumnya muncul dengan apati dan sawan, serta telah umum dengan demensia dan dorsalis. Juga di sana mungkin terdapat pupil Argyll Robertson, tempat pupil kecil bilateral menyempit ketika orang fokus pada objek dekat, tapi tidak menyempit ketika terkena cahaya terang.

 

Sipilis kardiovaskular biasanya terjadi 10-30 tahun setelah infeksi awal. Komplikasi yang paling umum adalah syphilitic aortitis, yang dapat mengakibatkan pembentukan aneurisme.

 

Pada tahap ini, sipilis bisa sangat berbahaya dan bahkan menyebabkan kematian. Sipilis tersier bisa berdampak pada mata, otak, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan sendi-sendi. Sehingga ada penderita yang bisa mengalami stroke, kebutaan dan penyakit jantung akibat infeksi menular seksual ini.

 

Gejala Pada Sipilis Kongenital

 

Wanita yang sedang hamil dan menderita sipilis menularkan infeksi ini pada janinnya. Janin dapat tertular infeksi saat di dalam kandungan atau pun sesaat setelah dilahirkan. Sipilis kogenital bawaan sejak lahir dapat terjadi selama kehamilan atau selama kelahiran. Dua dari tiga bayi sipilis lahir tanpa gejala. Gejala umum yang kemudian berkembang dari kehidupan beberapa tahun pertama meliputi: hepatosplenomegali (70%), ruam (70%), demam (40%), neurosyphilis (20%), dan pneumonitis (20%). Jika terobati sipilis kongenital tahap akhir dapat terjadi di 40% meliputi: hidung; pelana kelainan bentuk, tanda Higoumenakis, saber shin, atau persendian Clutton di antara lainnya. Risiko ini bisa dikurangi jika si ibu hamil diobati sebelum kehamilan mencapai 4 bulan. Jika ibu hamil tidak diobati, komplikasi berikut bisa terjadi:

 

·         Bayi lahir dengan sipilis

·         Bayi lahir prematur

·         Keguguran

·         Kelahiran mati atau bayi mati dalam kandungan

·         Kematian bayi tidak lama setelah dilahirkan

Bayi yang lahir dengan kongenital sipilis biasanya tidak memiliki gejala apa pun. Tapi ada kemungkinan untuk munculnya ruam pada telapak tangan dan telapak kaki. Gejala yang mungkin berkembang nantinya pada anak yang lahir dengan sipilis adalah:

·         Masalah pendengaran

·         Batang hidup yang rata

·         Deformasi gigi

·         Tuli

·         Pertumbuhan tulang yang abnormal

PENCEGAHAN SIPILIS

Tidak ada vaksin yang efektif untuk pencegahan. Setia dengan pasangan adalah cara yang paling ampuh untuk mencegah infeksi sipilis. Penggunaan kondom bisa dilakukan sebagai langkah pengamanan lain dalam upaya mengurangi risiko penularan sipilis. Terutama bagi para pekerja seksual, Sangat penting untuk memakai kondom pada saat melakukan hubungan seks oral, vagina,maupun anal. Gunakan dental dam ketika melakukan seks oral. Dental dam adalah selembar kain dari lateks. Alat ini berfungsi sebagai penghalang antara mulut dan organ intim sehingga penularan infeksi seksual bisa di cegah.

Tapi alat kontrasepsi ini terbatas dalam mencegah penularan sipilis. Sipilis bisa tertular melalui mulut dalam hubungan seksual oral. Hal ini terjadi ketika mulut bersentuhan langsung dengan luka pada organ intim seksual yang sudah terinfeksi. Oleh karena itu, Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan hubungan jangka panjang dengan satu pasangan yang tidak terinfeksi dan menghindari zat seperti alkohol dan zat terlarang lainnya yang dapat meningkatkan risiko perilaku seksual.

Jangan berhubungan seksual secara oral, vagina, maupun anal hingga pengobatan sipilis selesai dilakukan dengan siapa pun. Ini karena Anda akan berisiko terinfeksi lagi jika berhubungan dengan orang yang mempunya banyak pasangan seksual atau justru Anda bisa menularkan infeksi ke orang lain.

Sipilis juga bisa menular tanpa harus melalui hubungan seks. Jika Anda pengguna narkoba suntik jangan berbagi jarum suntik dengan orang lain. Atau bagi para penggemar seni merajah tubuh seperti menindik dan tato. Disarankan untuk selalu memakai jarum yang telah disterilkan.

karena mereka yang kemungkinan besar tertular sipilis (melalui penggunaan obat-obatan terlarang, dll.) adalah yang paling sedikit menerima perawatan selama kehamilan.Beberapa langkah untuk meningkatkan akses ke tes tampaknya efektif untuk mengurangi tingkat sipilis bawaan di negara berpendapatan rendah sampai menengah.

Sipilis bawaan pada bayi dapat dicegah dengan penapisan ibu selama awal kehamilan dan mengobati mereka yang terinfeksi.United States Preventive Services Task Force (USPSTF) sangat merekomendasikan penapisan universal pada semua wanita hamil, sedangkan Organisasi Kesehatan Dunia menyarankan agar semua wanita dites pada kunjungan pertama antenatal dan sekali lagi pada trimester ketiga. Jika mereka positif, mereka menganjurkan agar pasangan mereka juga dirawat.Meskipun demikian, sipilis bawaan masih banyak terjadi di negara berkembang, karena banyak wanita yang sama sekali belum menerima perawatan antenatal, dan bahkan perawatan lain sebelum melahirkan yang diterima tidak termasuk penapisan, dan ini terkadang masih terjadi di negara maju,Berikut bentuk pencegahan lain penyakit sipilis :

Ø  Cara yang paling pasti untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual.

Ø  Pencegahan yang  efektif adalah menikah dengan perawan yang sehat.

Ø  Penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penularan penyakit.

Ø  Pastikan toilet yang digunakan higienis, hindari penggunaan toilet duduk di tempat umum.

Ø  Segera obati bila ada keluhan seperti di atas.

 

 

PENYAKIT GONORE KENCING NANAH

Penyakit gonore

 

Penyakit gonore atau penyakit kencing nanah adalah penyakit yang disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoeae.Bakteri ini bersifat nonmotil.

 

Pada dasarnya penyakit ini hampiur mirip dengan sipilis yaitu disebabkan aktifitas seksual yang tidak sehat.

 

 

GEJALA GONORE

 

Infeksi gonore sering kali tidak menimbulkan gejala, namun apabila gejalanya muncul, infeksi gonore bisa berdampak pada berbagai organ tubuh selain sistem reproduksi.

Periode inkubasi atau masa terpapar bakteri hingga muncul gejala biasanya sekitar 10 hari, tetapi ini tidak sama untuk tiap penderita, dan terkadang tidak muncul hingga berbulan-bulan.

 

Salah satu kondisi yang menyebabkan penyakit tidak terobati selama beberapa saat adalah karena sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tidak mengalami gejala sama sekali.

 

Konjungtivitis bisa terjadi jika sperma atau cairan vagina yang terinfeksi mengenai mata. Infeksi pada mata bisa menyebabkan pembengkakan, keluarnya cairan dari mata, iritasi, dan rasa sakit. Sementara infeksi pada tenggorokan biasanya tidak menimbulkan gejala.

 

Infeksi pada dubur bisa menyebabkan keluarnya cairan, rasa sakit, dan tidak nyaman. Gonore juga bisa menjangkiti persendian, dan membuat persendian terasa sakit saat digerakkan, bengkak, berwarna merah, terasa hangat.

 

Gejala gonore yang sering muncul, baik pada pria maupun wanita, di antaranya adalah saat buang air kecil akan terasa sakit atau perih, dan keluarnya cairan tidak normal berwarna putih, kuning, atau hijau dari vagina atau penis. Pria dan wanita juga bisa terkena infeksi di tenggorokan, dubur, dan mata karena melakukan seks oral atau anal.

 

Gejala gonorekencing nanah  pada pria

 

Selain itu ada juga gejala pada pria yang jarang terjadi, seperti rasa sakit pada testis, serta radang atau pembengkakan pada kulup.

 

Gejala gonore kencing nanah pada wanita

 

Gejala gonore pada wanita sedikit lebih sulit di ketahui, karena gejala awal baru muncul antara 7-21 hari setelah penyakit terinfeksi. bahkan terkadang penderita tidak merasakan gejala apapun selama beberapa minggu, dan baru baru mengetahui dirinya menderita penyakit tersebut setelah pasangan hubungan seksual ikut tertular.

Beberapa wanita juga bisa mengalami gejala seperti menstruasi yang lebih berat, pendarahan usai melakukan hubungan seks, perut bagian bawah terasa sakit, dan pendarahan di antara masa menstruasi.

 

Jika gonore dibiarkan begitu saja dan tidak diobati, infeksi akan terus berkembang dan ada kemungkinan terjadi komplikasi yang serius, termasuk kesuburan. Jadi sangat disarankan untuk memeriksakan diri jika Anda merasa memiliki risiko terinfeksi, bahkan walau tidak memiliki gejala yang jelas, atau gejala telah hilang dengan sendirinya.

 

Infeksi gonore dari ibu ke bayi

 

Gejala pada bayi yang baru lahir bisa dilihat dari matanya, dan biasanya  muncul selama dua pekan pertama. Jika matanya memerah dan bengkak, serta mengeluarkan cairan yang kental seperti nanah. Untuk menegah penularan dari ibu ke bayi, sang ibu bisa mengonsumsi antibiotik selama hamil atau bahkan saat sedang menyusui.

 

PENCEGAHAN GONORE KENCING NANAH

 

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda sebaiknya tidak berhubungan seks hingga perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang telah terbukti negatif.

 

Anda bisa terkena penyakit gonore kembali jika tidak melakukan hubungan seks yang sehat dan aman di kemudian hari. Cara terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan, tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah, dan gunakan kondom jika melakukan hubungan seks.Adapun cara lain yang dapat dilakukan demi mencegah penyakit gonore yaitu:

·         Dengan tidak melakukan hubungan seksual.

·         Berhubungan seks secara monogami, pastikan pasangan tidak terinfeksi.

·         Penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penularan penyakit.

·         Pastikan toilet yang digunakan higienis, hindari penggunaan toilet duduk di tempat umum.

·         Segera obati bila ada keluhan seperti di atas.

 

PENGOBATAN GONORE KENCING NANAH

 

Pengobatan pada kencing nanah dapat berupa zat kimia maupun dengan obat herbal.Untuk zat kimia Dokter biasanya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta menganjurkan agar Anda kembali lagi satu atau dua pekan setelah pengobatan awal untuk pemeriksaan ulang dan memastikan bakteri gonore telah hilang sepenuhnya. Namun Anda bisa terkena penyakit gonore kembali jika tidak melakukan hubungan seks yang sehat dan aman di kemudian hari.

 

jangan mengulur waktu dan jangan terlalu percaya dengan pengobatan herbal yang belum tentu terbukti. lama masa pengobatan tergantung pada kondisi penyakit pasien.

Sumber : Tokoobatsipilis.com

 

Write a comment

Comments: 0